Advertisement

Review Haikyuu Movie Dumpster by Editor Gojira

Wahh gak kerasa ya udah 4 tahun setelah akhir season 4 dari Haikyuu!!. Film Haikyuu!! The Dumpster Battle mulai tayang pada 29 mei di semua bioskop Indonesia! Buat yang mau nonton dan cari tau tentang apa movie ini kaitannya sama series haikyuu, yu simak review editor Gojira yang udah nonton movienya!

• PLOT 

Pertarungan Kucing Melawan Burung Gagak! Sebuah rival yang dipertemukan Kembali di kejuaraan turnamen nasional. Film yang diawali dengan flashback pertemuan dan percakapan antara Hinata dan Kenma. Perjanjian mereka berdua diwujudkan di pertandingan ini yang dimana akan bertarung Kembali di pertarungan resmi. Rivalitas dari Hinata Shoyo yang lincah dan kejeniusan Kenma Kozume menampilkan performa yang terbaik dipertarungan ini. Pertarungan di awal babak sangat intens tapi masih ada beberapa scene lucu/lawakan untuk mencairkan suasana. Di babak pertama ini, karasuno dan nekoma saling menyerang habis habisan dengan jurus ‘Synchronized Attack’. Kenma sebagai otak dari nekoma, mengatur taktik agar Hinata tidak bisa mencetak score. Disinilah kita bisa melihat emosi Hinata Shoyo yang tertekan, kesal, dan putus asa karena tidak bisa mencetak score. Diperlihatkan juga bagaimana Hinata berusaha keras untuk mencetak score tetapi tetap gagal, mulai dari kageyama yang tidak mengoper kedia dan gelisahnya Hinata sampai terpeleset keringat sendiri. Walaupun Hinata putus asa, Kenma tetap tidak menikmati pertarungannya. Hinata tetap tidak menyerah dan putus asa, disaat itulah kageyama menyadarinya dan melakukan umpan yang sangat tinggi. Moment inilah yang membuat merinding seluruh orang, Hinata benar benar melakukan Super Jump ditengah lapangan dan Kembali mencetak score. Disaat Hinata Kembali lepas dari putus asanya, Kenma pun ikut menjadi senang. Kita juga di perlihatkan flashback dari animenya, mulai dari masa pelatihan dan juga masa lalu dari Kenma dan Kuroo, Dimana Kuroo selalu mengajak Kenma untuk bermain voli. Discene flashback kenma dan Kuroo ini sangat menggambarkan Friendship mereka dengan sempurna. Diakhir babak, pertarungan menjadi sangat intens dan melelahkan sekali untuk kedua team ini, tetapi walaupun Kenma kelelahan, dia sangat senang dengan pertandingan ini. Dia mengucapkan ‘‘楽しい’(Tanoshī) dan membuat Hinata berteriak ‘YOSHAAAA’ dengan keras dan Kuroo pun tertawa. Pada akhirnya karasuno yang menang dengan score 2-1 karena Kenma terlalu berkeringat di tangannya yang membuat bolanya menjadi licin dan nekoma harus menerima kekalahannya. Diakhir kredit scene Kōrai Hoshiumi dari Kamomedai High School menantang Hinata dan memperebutkan title Little Giant. 

• Character Development

Rivalitas antara Karasuno dan Nekoma sangat kuat sekali disini, terutama antara Hinata dan Kenma. Janji mereka berdua yang membuat Rivalitas ini sangat seru dan intens. Kita mulai dari Hinata dahulu yang dia sangat pede dan leluasa untuk mencetak score, tapi setelah di pertengahan pertandingan, semua perlawanan Hinata bisa di Counter oleh kejeniusan dan taktik dari kenma. Hinata menjadi sangat putus asa dan tidak bisa melakukan apapun. Tetapi dikarenakan dia tidak menyerah, Hinata pun berhasil keluar dari keputus asaannya. Itulah kenapa dia bisa mencetak score lagi dengan lompatan yang sangat tinggi. Lalu kita bisa melihat kenma yang sangat tidak tertarik dan senang dengan pertandingan ini. Tetapi dipertengahan pertandingan, kenma pun Menyusun straregi yang mampu membuat Hinata menjadi putus asa. Dia pun akhirnya lebih aktif diakhir pertandingan dan mulai senang dengan pertandingan yang dia mainkan. Kita juga bisa melihat betapa dekatnya Kenma dan Kuroo saat kecil. Ini yang menjadi moment Kenma menjadi pemain voli. Sosok Kuroo lah yang membuat Kenma menjadi pemain voli. Walaupun dari kecil dia hanya ikut saja bermain voli dengan Kuroo dan tidak menikmati pertandingannya, disaat pertandingan kejuaraan inilah yang membuat kenma merasa senang dengan pertandingannya dan membuat kuroo tersentuh dengan kata-kata Kenma. Sebuah character development yang sangat membuat semua orang termasuk kuroo dan Hinata yang sangat senang mendengarnya. 

• Animasi dan Visual 

Animasi di Film ini sangat bagus dan dieksekusi dengan baik. Banyak sekali animasi kreatif yang disajikan studio Production I.G. Animasi yang menurutku bagus Ketika sudah mulai diakhir pertandingan dimana diantara dua tim melakukan pertarungan yang intens. Dan salah satu yang sangat kreatif adalah dimana kita sebagai penonton dijadikan POV dari Kenma. Disitu animasi POV sangat memukau sekali. 

• Music, BGM, dan SFX 

Untuk BGM Tidak diragukan lagi, sangat mendukung sekali dan juga membangkitkan semangat kita hingga berdebar-debar. BGMnya pun bisa membuat emosi kita naik turun, mulai yang sangat bersemangat Ketika scene yang intens dan sedih disaat scene emosional. Untuk SFX dari suara pukulan, bola memantul, pluit,dll nya sangat membuat suasana menjadi seperti di lapangan asli. Benar benar sfx ini sangat membuat kita merasakan dan melihat pertarungan karasuno dan nekoma dengan langsung bukan dari layar. SFX yang dipilih benar benar sangat pas dan cocok untuk membangun atmosfer lapangan voli. Lalu untuk music ending sangat cocok sekali yang dibawakan oleh SPYAIR dengan judul Orange. 

• FASE 

Fase dari movie ini sangat konsisten, tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Kita masih disuguhkan beberapa flashback dari animenya dan juga flashback dari karakter kenma. Jadi kita tidak terlalu diberi scene dilapangan voli di pertandingan kejuaraannya. 

• Overall 

Kesimpulan dari movie ini menurut ku wajib untuk kalian tonton dan nikmati. Kalian bukan fans anime sport tapi ingin nonton ini? Atau kalian belum nonton animenya tetapi ingin nonton film ini tapi takut tidak ngerti cerita dan filmnya? Gak perlu khawatir! Di film ini menyajikan beberapa flashback yang menurut ku ON POINT banget dan tidak terlalu bertele-tele. Untuk yang belum nonton animenya pun akan tetap paham dan masih bisa enjoy film haikyuu ini. Jadi film ini sangat friendly untuk yg belum nonton series animenya? YA! Menurutku sangat friendly. Overall yang ditawarkan oleh animenya sangat memuaskan sekali apalagi jika kalian fans Haikyuu. Deg-degan, emosional, keceriaan, lawakan, semua menjadi satu di film ini. Kalau untuk rate, ku kasih rating untuk film ini 8,7/10. 

Honest Review Gojira from LIVE ANIME ID

Posting Komentar

0 Komentar