Advertisement

Review Wuthering Waves dan Perbandingannya dengan Genshin Impact Dari Opini Editor

 

Halo, KangKetik disini mau ngebagiin pengalaman bermain WutheringWaves sebagai casual gamer. Pengalaman ini akan menjadi review editor sebagai casual gamer yang udah mainin gamenya dari awal rilis publik tanggal 22 Mei 2024, di Indonesia tanggal 23 Mei 2024 ya. Nah setelah review editor juga akan ngebandinginnya sama kompetitor game yang serupa yaitu genshin impact yang populer dan banyak fansnya, note ya ini pandangan editor sebagai casual gamer dan editor udh main genshin dari 2021.

Untuk reviewnya sendiri ada Gameplay dimana penilaian ini adalah penilaian beberapa aspek seperti mekanik game kaya equipment, lawan bos, dan lawan NPC lainnya, selain mekanik game juga gameplay dinilai dari combatnya ya! nah setelah Gameplay penilaian ada dari Grafis Visual yang diberikan game seperti animasi dan visual yang memanjakan mata, lalu ada penilaian Desain Karakter, Lalu dari cerita yang diberikan atau Story, setelah story yang terakhir adalah Content yang inti dari gamenya seperti gacha, terus saat udah gaada story kita ngapain dll. Berikut reviewnya!

*Note : Penilaian yang dikasih adalah penilaian game semacamnya ya bukan game secara keseluruhan dan ini dari sudut pandang "CASUAL GAMER" dan opini editor pribadi yang udah mainin kedua gamenya.

Gameplay

Dari gameplay sendiri wuthering waves memberikan yang cukup baik dan beragam mekanik combatnya baik saat lawan NPC monster biasa sampai lawan bossnya dan memberikan rasa yang satisfying dan untuk equipmentnya sendiri ini udah gampang banget untuk dicerna kaum casual gamer, karena mungkin main genshin impact jadi terasa gampang untuk dipelajari. Lalu mekanik stamina enaknya lari terus terusan ga pake stamina ini ngebuat dari titik a ke titik b lebih cepet dan ga buang buang waktu, ya walaupun kaya renang,terbang,dan naik dinding masih ada stamina yang kepake. dan ini sini bisa wall runing jadi cepet banget naik ke atasnya, ada tali buat naik juga kaya spiderman walaupun sebenernya aga useless kalau gaada penyangganya karena CD lama Overall dari gameplay editor kasih nilai 8.5/10.

Grafis Visual

Dari grafis sebetulnya udah oke cuman editor menyarankan bagi kalain yang ingin visual WuWa lebih bagus lagi coba kecilin brightnessnya terus vol fog sama lightnya di off, untuk animasinya sendiri udah fluid banget kaya sat set sat set kalau menurut editor pas liat animasi jalannya dan larinya 11/12 kaya genshin lah ya buat sisanya kaya animasi combat dan lainnya ini fresh diliat sama editor buat game semacamnya ya. untuk penilaian grafis visual editor kasih nilai 9/10.

Desain Karakter

Ga banyak sih dari desain karakter ini, karena mungkin karakternya baru sedikit dan sebetulnya uneg uneg saat bermain game ini adalah ada beberapa karakter yang kurang cocok dengan tema dunianya tapi selebihnya udah bagus, dan buat yang penasaran siapa yang kurang cocok, yu coba dulu gamenya dan gacha semua karakternya :D. untuk nilai dari desain karakter 7/10.

Story

Buat story menurut editor kurang banget, mungkin karena ini masih awal awal dan belum ada chapter berikutnya, setelah diskusi dengan editor lain ini bertemakan tentang takdir, tapi editor sendiri(saya) kadang suka skip cerita game gacha karena sebagai casual gamer kita hanya to the point pada permainannya dan grind ( ga sampe Hardcore Grind ya) tapi untuk beberapa cerita sampe ending chapter lumayan buat ditonton animasinya. untuk nilai Story 6/10 (Nilai sementara per 28/05/2024).

Content

Endgame content lumayan banyak dan sejauh editor main ga nunggu sampe nunggu berminggu-minggu buat reset ya karena belum bikin senjata aja, tapi ada beberapa konten yang emang weekly only jadi perminggu baru ke reset, kalian abis story chapter 1 disajikan content kaya tower dan masih banyak lagi kaya campuran konten GI, HSR sama HI disatuin di 1 game. untuk konten editor kasih 9/10. 

Perbandingannya dengan Genshin Impact

Dari Gameplay antara Wuthering Waves dan Genshin Impact udah jelas menang Wuthering Waves dari combat sampe mekanik boss, biasanya gw ga pernah dodging atau parrying di game kaya gini pas di Wuthering waves ngadain mekanik kaya gini, beuh main jadi lebih asyik.

Dari segi Grafis visual, Wuthering Waves lebih bagus dari Genshin Impact yang dimana WuWa ini udah pake UE4 dan GI masih pake Unity ya walaupun kalau kalian liat secara sekilas kaya 11/12 kalian kalau udh lama main bakal liat bedanya pake banget alias beda banget. Lalu dari Desain Karakter saya lebih ke Genshin Impact karena karakternya ngeblend sama tema wilayahnya dan selain itu kaya desain anak kecil, remaja dan dewasa di karakter yang berbeda beda, ngebuat meta kalau gabungin karakter ini dan karakter itu gimana kaya fusion elementnya gimana dan semacamnya. 

Selanjutnya dari Cerita Genshin Impact menang nih dan menurut editor genshin impact lebih jelas ceritanya karena diawal diceritain kenapa bisa kedunia itu dan ada apa di dunia itu dan selagi mencari kaka/adiknya si MC ngebantuin masalah yang ada di dunia itu ya tipikal cerita cerita game sejenis( ngebantu masalah yang ada dunia itu sambil ngelaksanaik tujuan utamanya).

Terakhir dari content, buat content sendiri dari kedua game Editor lebih condong ke WuWa kalau ngebandinginnya dari genshin awal rilis kalau buat yang sekarang sih kedua game udah ngasih content yang banyak dan seru ya penilainnya 50-50 buat saat ini, editor juga ga tau content apalagi yang bakal hadir di kedua game yang pastinya woth banget untuk di tunggu dan sekian dari editor untuk perbandingan kedua game diatas.

Untuk akhir kata editor ingatkan sekali lagi ini adalah penilaian dari sudut pandang casual gamer yang udah maini kedua gamenya dan ini juga termasuk opini pribadi dari editor. Makasih!!







Posting Komentar

0 Komentar